Pengertian SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing)

Pernah dengar SAP ? Apa Pengertian SAP? Asal Usul/Sejarah SAP ? Buat Apa SAP ? SAP atau (System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.


SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.


SAP merupakan client-server software, artinya masing-masing SAP Function yang ada di SAP system (server) bisa di akses dan di proses oleh masing-masing PC (clients) walaupun masing-masing PC menjalankan SAP Function yang berbeda.
SAP ECC6 atau SAP R/3 4.7 adalah versi yang di-releaseSAP AG (sama seperti versi Windows XP dan Windows Vista atau WARTEG1 dan WARTEG2) dengan versi terbaru adalah ERP Central Component (ECC6).
Pernah dengar SAP Apa Pengertian SAP Asal Usul Sejarah SAP


Di Indonesia, banyak perusahaan besar yang telah mengimplementasikan SAP, misalnya Astra International, Toyota Astra Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bentoel Prima, United Tractor, Daihatsu Motor, Pertamina, Aqua, Telkomsel, Auto 2000, Blue Bird dan masih banyak perusahaan lagi yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Modul yang diimplementasikan tiap perusahaan pun beragam. Ada yang hanya memakai untuk keperluan area tertentu seperti Financial Accounting saja atau Sales and Distributon saja, namun banyak pula yang mengintegrasikan beberapa modul.


Scope integrasi, harga license tiap user SAP yang relative mahal, biaya consultan yang lumayan dan tingginya ‘kutu loncat’ SDM SAP, menyebabkan tidak semua perusahaan ‘berani’ memakai solusi SAP.


Bagi Anda yang baru di dunia IT, tentu belum banyak mengenalnya. Kami sajikan sekilas pengenalan SAP untuk menambah informasi Anda. Diharapkan setelah membaca materi berikut, Anda dapat mengetahui apa itu SAP, Modul-Modul dalam SAP, Integrasi SAP dan proses bisnis yang bisa dilakukan oleh SAP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing)"

Post a Comment