Pengertian Birokrasi : Apa Itu Birokrasi?

Pengertian Birokrasi : Apa Itu Birokrasi? - Birokrasi berasal dari kata bureaucracy (bahasa inggris bureau + cracy), diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer. Pada rantai komando ini setiap posisi serta tanggung jawab kerjanya dideskripsikan dengan jelas dalam organigram.

Organisasi ini pun memiliki aturan dan prosedur ketat sehingga cenderung kurang fleksibel. Ciri lainnya adalah biasanya terdapat banyak formulir yang harus dilengkapi dan pendelegasian wewenang harus dilakukan sesuai dengan hirarki kekuasaan.
1. Birokrasi harus dicerna sebagai satu fenomena sosiologis. Dan birokrasi sebaiknya dipandang sebagai buah dari proses rasionalisasi.

2.Konotasi atau anggapan negatif terhadap birokrasi sebenarnya tidakmencerminkan birokrasi dalam sosoknya yang utuh. Birokrasi adalah salah satubentuk dari organisasi, yang diangkat atas dasar alasan keunggulan teknis, dimana organisasi tersebut memerlukan koordinasi yang ketat, karena melibatkanbegitu banyak orang dengan keahlian-keahlian yang sangat bercorak ragam.

3.Ada tiga kecenderungan dalam merumuskan atau mendefinisikan birokrasi, yakni:pendekatan struktural, pendekatan behavioral (perilaku) dan pende-katanpencapaian tujuan.

Pengertian Birokrasi : Apa Itu Birokrasi?
Pengertian Birokrasi : Apa Itu Birokrasi?

Tipe Ideal Birokrasi dari Max Weber
1.Apa yang telah dikerjakan oleh Max Weber adalah melakukan konseptualisasisejarah dan menyajikan teori-teori umum dalam bidang sosiologi. Di antaranyayang paling menonjol adalah teorinya mengenai birokrasi.

2.Cacat-cacat yang seringkali diungkapkan sebenarnya lebih tepat dicerna sebagaidisfungsi birokrasi. Dan lebih jauh lagi, birokrasi itu sendiri merupakankebutuhan pokok peradaban modern. Masyarakat modern membutuhkan satubentuk organisasi birokratik. Pembahasan mengenai birokrasi mempunyaikemiripan dengan apa yang diamati oleh teori organisasi klasik.

3.Dalam membahas mengenai otorita. Weber mengajukan 3 tipe idealnya yangterdiri dari: otorita tradisional, kharismatik dan legal rasional. Otorita tradisionalmendasarkan diri pada pola pengawasan di mana legimitasi diletakkan padaloyalitas bawahan kepada atasan. Sedang otorita kharismatik menunjukkanlegimitasi yang didasarkan atas sifat-sifat pribadi yang luar biasa. Adapun otoritalegal rasional kepatuhan bawahan di dasarkan atas legalitas formal dan dalamyurisdiksi resmi.


4.Kelemahan dari teori Weber terletak pada keengganan untuk mengakui adanyakonflik di antara otorita yang disusun secara hirarkis dan sulit menghubungkanproses birokratisasi dengan modernisasi yang berlangsung di negara-negarasedang berkembang.

5.Tipologi yang diajukan oleh Weber, selanjutnya dikembangkan oleh para sarjana lain, seperti oleh Fritz Morztein Marx, Eugene Litwak dan Textor dan Banks.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Birokrasi : Apa Itu Birokrasi?"

Post a Comment