Pengertian Pelapukan

Pengertian Pelapukan | Apa itu pelapukan? Pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan (juga benda lain) pada tempat asalnya. Proses terjadinya pelapukan dapat disebabkan oleh berbagai aktivitas di alam. Pelapukan dapat terjadi secara mekanik, kimia, dan, organik. Pengertian pelapukan mekanik adalah rusaknya batuan karena faktor panas dan dingin. Proses panas dan dingin setiap hari menyebabkan batuan retak dan pecah-pecah. Selain itu, air yang mengalir, angin yang bertiup. dan ombak yang menghantam karang juga berakibat pada pecahnya batu-batuan menjadi klastika-klastika berukuran besar sampai yang kecil. Contohnya, bongkah, kerikil, pasir, debu, dan lempung.

Pengertian Pelapukan
Pengertian Pelapukan
Jenis pelapukan selanjutnya adalah pelapukan kimia. Pengertian pelapukan kimia adalah rusaknya batu-batuan akibat reaksi kimia. Contohnya, air hujan karena mengandung CO2 dapat melarutkan batuan gamping. Jenis pelapukan yang terakhir adalah pelapukan organik. Pengertian pelapukan organik adalah rusaknya batu-batuan akibat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ini ada yang bersifat mekanik dan kimiawi. Aktivitas mekanik menimbulkan pelapukan biomekanik. Contohnya, manusia memecah batu, mengolah tanah, menggali lubang tambang, pijakan kaki hewan-hewan besar menimbulkan lubang hingga tanah longsor, dan desakan akar dapat memecah batuan atau tembok.

Aktivitas kimiawi yang menimbulkan pelapukan biokimia, contohnya akar tanaman dan hewan-hewan serta bakteri yang mengeluarkan cairan (excreet) bersifat asam untuk melunakkan batu-batuan sehingga dengan mudah dapat menembusnya. Sisa tumbuh-tumbuhan (humus) dapat menggemburkan tanah yang keras hingga menjadi tanah gembur dan dapat ditanami. Dengan begini, dapat dikatakan bahwa pelapukan merupakan proses pembentukan tanah.

Sekian uraian tentang Pengertian Pelapukan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pelapukan"

Post a Comment