Tujuan dan Pengertian Analisis Laporan Keuangan


Pengertian Analisis Laporan Keuangan dan Tujuan Analisis Laporan Keuangan - pengertian analisis laporan keuangan menurut Dwi Prastowo Darminto dalam bukunya ” Analisis Laporan Keuangan ” (2005:30) adalah : 





” Suatu proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevaluasi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan utama untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang .” 





Sedangkan pengertian analisis laporan keuangan menurut Sofyan Syafri Harahap dalam bukunya “ Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan “ (2001:190) adalah : 





“ Menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan hubungannya yang bersifat signifikan atau mempunyai makna antara yang satu dengan yang lainnya baik antara data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan “. 





Dari kedua pengertian diatas maka kesimpulan dari analisis laporan keuangan adalah suatu proses membedah- bedah laporan keuangan ke dalam komponen-komponennya, penelaahan mendalam terhadap masing-masing komponen dan hubungan diantara komponen-komponen tersebut akan menghasilkan pemahaman menyeluruh atas laporan keuangan itu sendiri. 





Tujuan Analisis Laporan Keuangan 





Analisis laporan keuangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tambahan informasi kepada para pemakai laporan keuangan untuk pengambilan keputusan ekonomi, sehingga kualitas keputusan yang diambil akan menjadi lebih baik. Selain itu, dengan mengolah lebih lanjut laporan keuangan melalui proses pembandingan, evaluasi dan analisis trend akan diperoleh prediksi tentang apa yang akan mungkin terjadi di masa depan. 





Menurut Standar Akuntansi Keuangan tujuan laporan keuangan adalah sebagai berikut : 





” 1. Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. 





2. Laporan keuangan disusun untuk memenuhi kebutuhan bersama oleh sebagian besar pemakainya, yang secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu. 





3. Laporan keuangan juga menunjukan apa yang dilakukan menajemen atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.” 





Sedangkan menurut Dwi Prastowo D dalam bukunya ” Analisis Laporan Keuangan ” mengungkapkan tujuan laporan keuangan adalah sebagai berikut : 





” Analisis laporan keuangan mempunyai beberapa tujuan, yaitu misalnya dapat digunakan sebagai alat screening awal dalam memilih alternatif investasi atau merger, sebagai alat forecasting mengenai kondisi dan kinerja keuangan di masa datang, sebagai proses diagnosis terhadap masalah- masalah manajemen, operasi atau masalah lainnya atau sebagai alat evaluasi terhadap manajemen.” 





Dari semua tujuan diatas, yang terpenting dari analisis laporan keuangan adalah tujuannya untuk mengurangi ketergantungan para pengambil keputusan pada dugaan murni, terkaan, dan intuisi; mengurangi dan mempersempit lingkup ketidakpastian yang tidak bisa dielakkan pada setiap proses pengambilan keputusan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan dan Pengertian Analisis Laporan Keuangan"

Post a Comment