Mengenal Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer-komputer, serta piranti-piranti yang saling terhubung sebagai satu kesatuan. Dengan dihubungkannya piranti-piranti tersebut, alhasil dapat saling berbagi sumber daya antar satu piranti dengan piranti lainnya. Dalam istilah komputer, jaringan merupakan penghubung antara dua komputer atau lebih yang tujuan utamanya adalah berbagi data. Jadi, jaringan komputer adalah gabungan antara hardware dan software.

Pengertian Jaringan Komputer
Dalam pengertian yang lain, jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi,sehingga dapat saling berbagi menggunakan sumber daya yang ada dan berkomunikasi. Sebuah sistem jaringan komputer terdiri atas komponen-komponen, dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Jaringan Komputer untuk Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian CPU, memori, harddisk.
  • Jaringan Komputer untuk Komunikasi, contohnya surat elektronik (email), instant messaging, chating.
  • Jaringan Komputer untuk Akses informasi, contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut client dan yang memberikan layanan disebut server. Sistem ini disebut dengan sistem cilent-server, dan digunakan pada hampir seluruh jaringan komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pengertian Jaringan Komputer"

Post a Comment