Pengertian Puisi Menurut para Ahli

Pengertian Puisi Menurut para Ahli | Puisi adalah pemikiran manusia secara kongkret dan artistik dalam bahasa serta berirama. Banyak ahli sastra yang berusaha mendefenisikan puisi berdasarkan berbagai sudut pandang. Meskipun demikian, pengertian-pengertian atau defenisi yang diberikan belum dapat dianggap sebagai defenisi puisi yang baku. Sebagai gambaran, berikut ini akan kami sajikan beberapa pengertian puisi yang dikemukakan para ahli sastra. Menurut James Reeves, puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat. Herbet Spencer menyatakan bahwa puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan.

Adapun ahli sastra Thomas Carlyle mengatakan bahwa puisi merupakan ungkapan pikiran yang besifat musikal. Sebuah puisi mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Semua itu merupakan sesuatu yang penting, yang direkam dan diekspresikan, dinyatakan dengan bentuk menarik dan memberi kesan. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan (Pradopo, 1995:7).

Dari berbagai pendapat ahli tersebut, Herman Waluyo berusaha membuat rangkuman defenisi puisi yaitu: Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian fisik dan struktur batinnya. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima, dan irama yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh pemadatan segala unsur bahasa. Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan yang digunakan dalam sehari-hari. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas, namun kaya makna Kata-kata yang digunakannya adalah kata-kata konotatif yang mengandung banyak penafsiran dan pengertian.

Sekian uraian tentang Pengertian Puisi Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Referensi:
Kusmayadi, Ismail. 2007. Think Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas XII SMA/MA Program Bahasa. Jakarta: Grafindo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Puisi Menurut para Ahli"

Post a Comment