Mengapa Helikopter Bisa Terbang?

Pertanyaan yang bijak atau pertanyaan yang tidak bijak ini hampir sama dengan postingan sebelumnya tentang Kecepatan Pesawat dan mengapa pesawat bisa terbang. Setelah mencari beberapa narasumber tentang postingan yang sudah berlalu muncul lagi niat untuk mencari solusi untuk menjawab pertanyaan mengapa helikopter bisa terbang?

Prinsip yang berbeda dengan Pesawat Boeing dimana pesawat ini harus memiliki pacu kemudian terbang, sedangkang helikopter bisa dengan sendirinya terangkat tanpa harus memiliki pacuan. Jawaban yang bersumber dari Wikipedia mengatakan, Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap).
Mengapa Helikopter Bisa Terbang?
Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl. Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap , helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter mampu terbang di tempat, mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian, helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan darat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut helipad.

Helikopter bisa terbang karena gaya angkat yang dihasilkan oleh aliran udara yang dihasilkan dari bilah-bilah baling-baling rotornya. Baling-baling itu yang mengalirkan aliran udara dari atas ke bawah. Aliran udara tersebut sedemikian deras sehingga mampu mengangkat benda seberat belasan ton. Teorinya sebenarnya cukup sederhana namun prakteknya rumit.

Sumber lain mengatakan Helikopter merupakan alat transportasi yang digerakan oleh rotor dan memiliki kemampuan mendarat dan terbang secara vertikal. Helikopter juga bisa bergerak maju dan mundur di udara, selain itu helikopter memiliki kemampuan mengapung di udara. Karena kemampuannya ini helikopter banyak di manfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Helikopter mendapatkan daya untuk bergerak dari rotor yang berputar. Rotor helikopter memiliki bentuk aerofoil yang bentuknya mirip dengan sayap pada pesawat terbang. Saat rotor berputar udara akan bergerak pada permukaan atas rotor dan mengakibatkan tekanan diatas permukaan rotor lebih rendah dari permukaan dibawah rotor sehingga helikopter terangkat keatas , konsep dasar aerodinamika inilah yang menghasilkan helikopter dapat bebas terbang bergerak ke semua arah.

Demikian artikel untuk menjawab pertanyaan, Mengapa Helikopter Bisa Terbang? semoga anda sekalian bisa mengerti dan jika belum lengkap anda bisa mencari sumber lain yang lebih jelas. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Helikopter Bisa Terbang?"

Post a Comment