Pengertian Wireless, WiFi dan WiMax

Pengertian Wireless, WiFi dan WiMax
Wireless
Wireless adalah jaringan nirkabel (tanpa kabel).

WiFi
WiFi berasal dari singkatan Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks disingkat WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

WiMax

WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMax adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Pengertian Wireless, WiFi dan WiMax


Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan.

Standar-standar yang digunakan
Pengertian standar IEEE

IEEE adalah sebuah organisasi internasional yang mempublikasikan beberapa persoalan kunci dalam dunia networking computer.
Dalam hal ini akan dibahas mengenai IEEE 802.11 dan IEEE 802.16.

Pengertian standar ETSI

ETSI adalah standar networking Eropa
Dalam hal ini akan dibahas mengenai ETSIHiperLAN dan ETSIHiperMAN.

Gambar Standar-standar yang ada dengan spesifikasi yang mendukung komunikasi sampai tingkat MAN disatukan dengan standar WiMAX :

Pengertian-pengertian Istilah Lainnya
Broadband Wireless Access (BWA)

teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan standar 802.11b/g WiFi atau 802.16a/e WiMAX.


Quality of Service (QoS)

QoS adalah Kualitas Layanan. Kemampuan dari suatu jaringan untuk menyediakan pelayanan.


Base Transceiver Station (BTS)

BTS adalah bagian dari peralatan yang memfasilitasi nirkabel komunikasi antara pengguna peralatan (UE) dan jaringan.


BTS dapat berupa tower.


Line Of Sight (LoS)

LoS adalah posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi masih berada dalam jarak pandang yang lurus dan bebas dari penghalang apa pun di depannya dengan BTS maupun yang tidak memungkinkan untuk itu (Non-Line Of Sight). Jadi di mana pun para penggunanya berada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS (Base Transceiver Stations), mereka mungkin masih dapat menikmati koneksi yang dihantarkan oleh BTS tersebut.


HotSpot

Hotsopot adalah definisi untuk daerah yang dilayani oleh satu Access Point Wireless LAN standar 802.11a/b/g, dimana pengguna (user) dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, PDA atau lainnya.

Teknik modulasi Radio

FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum)

Frequency Hopping Spread Spectrum merupakan teknik spread spectrum yang menggunakan teknik lompatan frekuensi yang berubah-ubah pada sinyal carrier untuk membawa suatu data informasi.

DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum)

DSSS merupakan suatu metode untuk mengirimkan data dimana sistem pengirim dan penerima keduanya berada pada set frekuensi yang lebarnya adalah 22 MHz.

OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)

merupakan sebuah sistem modulasi digital di mana sebuah sinyal dibagi menjadi beberapa kanal dengan pita frekuensi yang sempit dan saling berdekatan, dengan setiap kanal menggunakan frekuensi yang berbeda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Wireless, WiFi dan WiMax"

Post a Comment