Pengertian Ekonomi Menurut para Ahli

Ekonomi adalah salah satu dan bagian dari ilmu sosial yang khusus mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Secara umum, pengertian ekonomi adalah sebuah bidang ilmu tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Pengertian ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya. Ini didasarkan dari asal kata ekonomi yang berasal dari bahasa Yunani. Pengertian ekonomi berasal dari kata oikos (rumah tangga) dan nomos (ilmu). Jadi, pengertian ekonomi secara mendasar adalah ilmu yang mengatur rumah tangga. 

Pengertian Ekonomi
Berikut ini beberapa Pengertian Ekonomi Menurut para Ahli:
  • Hermawan Kartajaya: Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya
  • Paul A. Samuelson: Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat .
  • Mill J. S: Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan
  • Abraham Maslow: Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.
  • Adam Smith: Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara
  • M. Manulang: Pengertian ekonomi menurutnya adalah suatu ilmu yang memelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.
Ilmu lain yang sering disandingkan dengan ilmu ekonomi adalah Akuntansi, baca pengertian akuntansi di Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli. Sekian uraian Pengertian Ekonomi Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ekonomi Menurut para Ahli"

Post a Comment