Pengertian Hakikat Shooting Menurut Ahli

Indra Gunawan (2009:30) menyatakn bahwa : “Menendang bola adalah salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), menembak gawang (shooting at the goal), dan menyapu untuk menggagalkan serangan lawan (sweeping) “.

Muhajir (2006:4) menyatakan bahwa :

“Menendang dengan menggunakan punggung kaki (instep foot):

1. Kaki tumpu diletakkan disamping dan sejajar dengan bola, lutut sedikit bengkok

2. Kaki tending diayun ke belakang. Saat perkenaan kaki dengan bola, ujung sepatu mengarah ke tanah dan harus ditegangkan. Bagian kaki yang mengenai bola adalah punggung kaki atau bagian tali sepatu.

3. Gerkan kaki tending terutama dating pada saat perkenaan berada di atas bola.

4. Setelah tendangan, kaki tending masih terus mengikuti gerakan (follow trough) “.


Indra Gunawan (2009:32) menyatakn bahwa :

”Menendang bola dengan punggung kaki digunakan untuk menembak bola ke gawang (shooting at the goal). Analisis gerak menendang bola dengan menggunakan punggung kaki adlah sebagai berikut :

a. Badan dibelakang bola sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.

b.Kaki ditendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran

c. Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.

d. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola pergelangan kaki ditegangkan.

e. Gerak lanjut kaki tending diarahkan dan diangkat kea rah sasaran.

f. Pandangan mengikuti jalannya bola dan ke sasaran”.


Nurhasan (2001:162) mengatakan bahwa : “Shooting adalah menembak bola ke sasaran “.

Sucipto, dkk (2000:9) menyatakan bahwa:

” Pelaksanaan pada saat melakukan shooting adalah sebagai berikut :

1). Kaki tumpu diletakkan disamping dan sejajar dengan bola. 2). Lutut sedikit bengkok. 3). Kaki tendang diayun dari belakang . 4). Saat perkenaan kaki yang mengenai bola adalah punggung kaki.

Sucipto, dkk (2000:35) menyatakan bahwa : Gerakan kepala meliputi : 1). Pandangan ditujukan ke arah bola pada saat kaki menyentuh bola. 2). Kepala tetap melihat bola pada shooting. 3). Pandangan terpusat ke kaki pada saat shooting. 4). Pada saat bola ditendang, mata tetap mengarah pada bola.

Sucipto, dkk (2000:37) menyatakan bahwa : Gerakan tangan meliputi : 1) Tangan yang di samping bola berada di depan dada, 2) Tangan yang di belakang bola berada di belakang pinggang, 3) Tangan sedikit di tekuk pada saat menggiring bola, 4) Kedua lengan terbuka menjaga keseimbangan di samping badan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hakikat Shooting Menurut Ahli"

Post a Comment