Pengertian Sumber Dana Bank

Pengertian Sumber Dana Bank 

· Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasinya. 

· Untuk menopang kegiatan bank sebagai penjual uang (memberikan pinjaman), bank harus lebih dulu membeli uang (menghimpun dana) sehingga dari selisih bunga tersebutlah bank memperoleh keuntungan. 


Pada dasarnya Bank mempunyai 4 alternatif dalam perhimpunan dana untuk kepentingan usahanya, yaitu : 

A. Dana sendiri 

B. Dana dari deposan 

C. Dana pinjaman 

D. Sumber dana lain


A. Dana sendiri 

Dana sendiri berdasarkan ketentuan dari Bank Sentral mengatur tentang proporsi minimal modal sendiri dibanding dengan total nilai aktiva tertimbang menurut resiko (ATMR) atau dikenal dengan istilah Rasio kecukupan modal (Capital adequacy ratio-CAR). Penghimpunan dana sendiri antara lain di dapat dari modal disetor, dana dari penjualan saham di bursa efek,akumulasi laba ditahan, cadangan-cadangan dan agio saham. Bank umum dapat melakukan mobilisasi dana dengan cara melakukan emisi saham dan obligasi melalui bursa efek Indonesia. 

B. Dana dari deposan 

Sumber dana dari masyarakat dapat berupa : 

1. Giro (demand deposit) 

· Rekening giro ( Checking account )/ Simpanan Giro : simpanan yang penarikannya setiap saat dapat dilakukan dengan penerbitan cek untuk penarikan tunai dan bilyet giro untuk pemindahbukuan. Cek atau bilyet giro ini dapat digunakan oleh pemiliknya sebagai alat pembayaran . 

· Pengertian simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank dalam bentuk giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan atau yang dapat dipersamakan dengan itu. 

· Cek : perintah tak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu pada saat penyerahannya atas beban rekening penarik cek. 

· Cek merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk menarik atau mengambil uang direkening giro. Fungsi lain dari cek adalah sebagai alat untuk melakukan pembayaran. 

· Pengertian cek adalah surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan di dalamnya atau kepada pemegang cek tersebut 
· Cek dan uang merupakan alat pembayaran yang syah 

C. Sumber dana dari pinjaman 

Dana pinjaman yang diperoleh bank dalam rangka menghimpun dana antara lain berupa : 

· Call money : sumber dana yang diperoleh bank berupa pinjaman jangka pendek dari bank lain melalui interbank call money market. 

· Pinjaman antarbank : Sumber dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana yang lebih terencana dalam rangka pengembangan usaha atau meningkatkan peneriman bank. 

· Kredit likuiditas bank Indonesia : kredit yang diberikan bank Indonesia terutama kepada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas. 


D. Sumber dana lain 

1. Setoran jaminan : dana yang wajib diserahkan oleh nasabah untuk menerima fasilitas tertentu dari bank. 

2. Dana transfer : selama masih mengendap di bank, dapat digunakan untuk mendanai kegiatan bank. 

3. Surat berharga pasar uang (SBPU) : surat berharga jangka pendek yang dapat diperjualbelikan dengan didiskonto oleh Bank Indonesia. 

4. Diskonto Bank Indonesia : penyediaan dana jangka pendek oleh BI dengan cara pembelian surat berharga yang diterbitkan bank atas dasar diskonto. 

5. Pinjaman dari bank-bank luar negeri 

6. Kredit likuiditas dari Bank Indonesia 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Sumber Dana Bank"


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete