Pengertian Vegetarian dan Jenis Vegetarian

Pengertian Vegetarian dan Jenis Vegetarian | Kata vegetarian berasal dari Bahasa Lain "vegetus" yang berarti "kuat, aktif, dan bergairah". Menurut KBBI, pengertian vegetarian adalah orang yang karena alasan agama atau kesehatan hanya memakan sayur-sayuran dan hasil tumbuh-tumbuhan. Pengertian vegetarian secara umum yaitu orang yang tidak mengonsumsi semua daging hewan, baik daging sapi, kambing, ayam, ikan, maupun hewan lainnya. Para vegetarian hanya memakan sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan bahan nabati lainnya. Kelompok vegetarian disebut vegan (pure vegetarian-vegetarian murni). Selain vegetarian murni, terdapat kelompok lacto-ovo vegetarian (vegetarian yang masih mengonsumsi susu hewan dan telur) dan kelompok lacto vegetarian (vegetarian yang masih mengonsumsi susu hewan).

Pengertian Vegetarian
Istilah vegetarian dicetuskan pertamakali pada tahun 1847, dan digunakan secara formal pada tanggal 30 september 1847 oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawan di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu merupakan pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris. Meskipun demikian, istilah vegetarian sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Sebelum tahun 1847, kelompok yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai Pytagorean atau mengikuti sistem pythagorean. Hal ini sesuai dengan Pythagoras, seorang vegetarian dari zaman Yunani kuno. Begitu pula dengan agama Hindu dan Budha yang melarang umatnya membunuh binatang.

Ada beberapa jenis vegetarian yang dikenal sampai saat ini. Pembagian jenis vegetarian ini didasarkan pada cara atau pola pelaku vegetarian dalam menjalani aktivitas vegetariannya. Berikut ini jenis-jenis vegetarian tersebut:
  • Vegan: Jenis vegetarian murni yang hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. 
  • Lacto Vegetarian: Jenis vegetarian yang mengonsumsi bahan pangan nabati dan berpantang makan daging ternak, daging unggas, ikan dan telur beserta produk olahannya. Kelompok ini masih diperbolehkan mengonsumsi susu berserta hasil olahannya (keju dan yoghurt).
  • Lacto-Ovo Vegetarian: Jenis vegetarian yang mengonsumsi bahan-bahan nabati dan tidak mengonsumsi daging ternak, daging unggas, dan ikan. Kelompok ini masih diperbolehkan mengonsumsi telur dan susu beserta produk olahannya.
Sekian uraian tentang Pengertian Vegetarian dan Jenis Vegetarian. Silahkan baca pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Susianto,Hendry Widjaja,Helda J. Mailoa. 2008. Diet Enak Ala Vegetarian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Vegetarian dan Jenis Vegetarian"

Post a Comment