Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme | Simbiosis adalah bentuk interaksi antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Berdasarkan yang diuntungkan atau dirugikannya suatu simbion, jenis-jenis simbiosis dibedakan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Simbiosis mutualisme terjadi apabila terdapat hubungan yang saling menguntungkan terhadap dua jenis individu yang berbeda. Contoh simbiosis mutalisme adalah hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga, sedangkan bunga dibantu penyerbukannya oleh lebah.

Simbiosis komensalisme terjadi apabila salah satu simbion memperoleh keuntungan, tetapi simbion lainnya tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah simbiosis antara ikan remora dan ikan hiu. Ikan remora mempunyai semacam alat penghisap sehingga dapat menempel pada ikan hiu atau ikan hiu lainnya yang lebih besar. Dengan menempel seperti itu, sisa makanan hiu yang berupa remah-remah dimanfaatkan oleh ikan remora. Ikan remora juga diuntungkan karena terhindar dari predatornya. Sementara itu, kehadiran ikan remora tidak mengganggu ikan hiu.

Lebah Simbiosis Mutualisme
Simbiosis parasitisme terjadi apabila salah satu simbion mendapatkan keuntungan, sedangkan simbion yang lain dirugikan. Berbagai mikroorganisme penyakit yang hidup pada manusia, hewan, dan tumbuhan bersifat parasit. Parasit hidup dan mendapatkan makanan dari inangnya, yaitu tubuh manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Berdasarkan tempat hidupnya, parasit ada yang hidup di luar tubuh inangnya (ektoparasit), dan yang hidup di dalam inang (endoparasit). Contoh ektoparasit antara lain kutu rambut pada kepala manusia. Adapun contoh endoparasit adalah cacing perut dan cacing pita yang hidup dan berkembang biak di usus manusia. (baca selengkapnya tentang parasit di Pengertian Simbiosis Parasitisme).

Sekian uraian tentang Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme"