Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

Apa itu kepribadian? Menurut Horton (1982:12), pengertian kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu. Setiap orang mempunyai kecenderungan berprilaku yang baku, atau berpola dan konsisten, sehingga menjadi ciri khas pribadinya. Sedangkan pengertian kepribadian menurut Schaefer dan Lamm (1998:97) adalah sebagai keseluruhan pola sikap, kebutuhan, ciri-ciri khas, dan perilaku seseorang. Pola berarti sesuatu yang sudah menjadi standar atau baku, berlaku terus-menerus secara konsisten dalam menghadapi situasi yang dihadapi. Pola perilaku dengan demikian juga merupakan perilaku yang sudah baku, yang cenderung ditampilkan seseorang jika ia dihadapkan pada situasi kehidupan tertentu. Orang yang pada dasarnya pemalu cenderung menghindarkan diri dari kontak mata dengan lawan bicaranya. 

Pengertian Kepribadian
Apa faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang? Kepribadian seseorang berkembang melalui interaksi di antara banyak faktor, yaitu warisan biologis, lingkungan fisik, kebudayaan, kehidupan kelompok, dan pengalaman khas seseorang. Warisan biologis menjadi bahan mentah bagi kepribadian seseorang. Bahan mentah itu dapat dibentuk melalui beragam cara. Selain itu. pengaruh lingkungan alam atau fisik terhadap kepribadian manusia paling sedikit dibandingkan faktor-faktor lainnya. Lingkungan fisik tidak mendorong terjadinya kepribadian khusus seseorang. Interaksi antara masyarakat juga sangat berpengaruh. Kepribadian yang muncul dari masyarakat yang satu berbeda dengan kepribadian dari masyarakat lainnya. Setiap masyarakat mengembangkan satu atau beberapa macam kepribadian dasar yang sesuai dengan kebudayaannya. Aspek kebudayaan yang berpengaruh pada perkembangan kepribadian adalah norma kebudayaan.

Sekian uraian tentang Pengertian Kepribadian Menurut Ahli. Silahkan lihat kumpulan pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kepribadian Menurut Ahli"

Post a Comment