Pengertian Koloid dan Sifat Koloid

Pengertian Koloid dan Sifat Koloid | Koloid adalah suatu keadaan materi yang memiliki ukuran di antara ukuran partikel dan suspensi. Dalam larutan, suatu zat disebarkan/dilarutkan ke dalam pelarut membentuk campuran homogen, dimana partikel-partikel ke dalam pelarut membentuk campuran homogen, dimana partikel-partikel zat terlarut bercampur sempurna dengan pelarut sehingga tidak terlihat adanya perbedaan. Dengan cara yang mirip, partikel koloid disebarkan/didispersikan ke dalam suatu medium, dan menghasilkan sistem koloid. Partikel koloid yang didispersikan disebut dengan zat terdispersi, dan medium tempat partikel didispersikan disebut medium pendispersi.

Pengertian Koloid
Seperti apa sifat-sifat koloid? Koloid mempunyai sifat sebagai berikut:
  • Efek Tyndall: Efek Tyndal adalah kemampuan koloid untuk menghamburkan cahaya ke segala arah. Fenomena ini dapat juga digunakan untuk membedakan larutan dengan koloid, sebab larutan tidak memiliki sifat menghamburkan cahaya dan dapat menjelaskan buramnya dispersi koloid (minyak zaitun dan air dapat tembus cahaya, namun jika keduanya dicampur akan membentuk koloid yang nampak seperti susu).
  • Gerak Brown: Jika suatu sistem koloid diamati menggunakan mikroskop optik, dengan arah tegak lurus terhadap berkas cahaya dan latar belakang yang gelap, maka akan nampak partikel-partikel yang berbentuk seperti bintik-bintik berkilauan. Jika gerakan bintik-bintik tersebut diikuti, maka terlihat bahwa bintik-bintik tersebut bergerak secara acak ke segala arah. Gerakan acak ini disebut gerakan Brown. Hal ini terjadi karena banyaknya tabrakan molekul pada satu sisi molekul tidak sama pada sisi yang lain.
  • Adsorpsi: Adsorpsi disebabkan oleh adanya gaya Van der Waals di permukaan partikel yang dapat menarik atom-atom (molekul/ion) dari zat lain. Padatan dapat bersifat sebagai adsorben (penyerap), namun kemampuan koloid dalam mengadsorpsi lebih tinggi daripada padatan, karena koloid memiliki luas permukaan lebih besar.
Sekian uraian tentang Pengertian Koloid dan Sifat Koloid, semoga bermanfaat.
  • Foliatini. 2009. Buku Pintar Kimia SMA untuk Kelas 1, 2, & 3. Jakarta: PT Wahyumedia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Koloid dan Sifat Koloid"

Post a Comment