Pengertian Emosi Menurut para Ahli

Istilah emosi dalam pemakaian kita sehari-hari sangat berbeda dengan pengertian emosi dalam psikologi. Emosi adalah luapan perasaan yang berkembang sebagai reaksi psikologis-fisiologis dan surut dalam waktu singkat. Emosi bersifat subyektif. Emosi ada yang bersifat positif dan ada yang negatif. Para psikolog mengkaji emosi dengan memberi perhatian yang sesuai dengan urgensinya dalam kehidupan manusia. Emosi punya pengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik manusia, serta pengaruh terhadap perilaku pribadi dan sosial. Emosi, dengan pengertian ini, berpengaruh terhadap segala aspek kepribadian individu, luar, dan dalam. Emosi dirasakan secara psiko-fisik karena terkait langsung dengan jiwa dan fisik.

Pengertian Emosi
Seperti apa pengertian emosi menurut para ahli? Berikut ini beberapa pengertian atau definisi emosi yang kami rangkum dari para ahli:
  • Pengertian Emosi Menurut George Miller: Emosi adalah pengalaman seseorang tentang perasaan yang kuat, dan biasanya diiringi dengan perubahan-perubahan fisik dalam peredaran darah dan pernapasan, biasanya juga dibarengi dengan tindakan-tindakan pemaksaan.
  • Pengertian Emosi Menurut Angels: Emosi adalah kondisi perasaan yang kompleks, yang diiringi dengan beberapa gerakan atau aktivitas kelenjar. Atau, perilaku yang kompleks yang didominasi oleh aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.
  • Pengertian Emosi Menurut Dr. Muhammad Najaati: Emosi adalah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh terhadap perilakunya, perasaannya, dan fungsi vitalnya. Asalnya dia muncul dari faktor psikologis.
  • Pengertian Emosi Menurut Dr. Abdullah Abdul Hayy Musa: Emosi adalah perubahan tiba-tiba yang meliputi segala aspek individu, baik psikis maupun fisiknya.
  • Pengertian Emosi Menurut Stanley: Emosi adalah fondasi utama yang melandasi kelahiran dan perkembangan kekuatan mental.
Sekian uraian tentang Pengertian Emosi Menurut para Ahli, semoga bemanfaat.

Referensi:
  • Muhammad Sayyid M. az-Zabalawi. 2007. Pendidikan Remaja antara Islam & Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Emosi Menurut para Ahli"

Post a Comment