Pengertian Sifat Gelombang Elektromagnetik

Pengertian Sifat Gelombang Elektromagnetik | Gelombang elektromagnetik (Electromagnetic Wave) merupakan gelombang yang dihasilkan oleh kombinasi medan listrik dan medan magnet. Dalam fisika, pengertian gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan zat perantara atau medium. Gelombang ini merupakan pancaran dari perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi secara terus menerus. Arah getaran dan arah rambat gelombang elektromagnetik tegak lurus satu sama lain. Oleh karena itu gelombang elektromagnetik merambat secara transversal. Gelombang elektromagnetik tersebar dalam rentang spektrum tertentu yang menunjukkan urutan gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombangnya. 

Gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang terpendek atau frekuensi terbesar adalah sinar gamma dan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang terpanjang atau frekuensi terkecil adalah gelombang radio.

Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat gelombang elektromagnetik tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Merupakan gelombang transversal
  • Merambat lurus
  • Tidak dapat dibelokkan dalam medan listrik dan medan magnet
  • Dapat merambat dalam ruang hampa
  • Memenuhi sifat-sifat gelombang, yaitu refleksi (dipantulkan), refraksi (dibiaskan), difraksi (dilenturkan), interferensi (dipadukan), dan polarisasi (pengkutuban).
Sekian uraian tentang Pengertian Sifat Gelombang Elektromagnetik. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sifat Gelombang Elektromagnetik"

Post a Comment