Pengertian Ilmu Sastra Menurut Ahli

Pengertian Sastra Menurut para Ahli | Pengertian ilmu sastra telah dirumuskan secara sederhana dan luas oleh para ahli sastra. Pengertian sastra secara sederhana dan luas itu dapat ditemukan dalam beberapa buku baik kamus, ensiklopedia maupun referensi sastra. Istilah ilmu sastra dalam bahasa Inggris general literature atau literary study. Di Indonesia istilah ilmu sastra dipadankan dengan studi sastra, kajian sastra, pengkajian sastra, dan telaah sastra. Dalam Pengantar Ilmu Sastra: Teori Sastra, Badrun (1983:11) memberikan pengertian bahwa Ilmu sastra adalah ilmu yang menyelidiki sastra secara ilmiah. Ilmu sastra menyelidiki karya sastra secara ilmiah.

Pengertian Ilmu Sastra
Dalam Kamus Istilah Sastra Indonesia, Eddy (1991:96) memberikan pengertian bahwa ilmu sastra adalah segala bentuk dan cara pendekatan terhadap karya sastra dan gejala sastra. Dalam Kamus Sastra, Eneste (1994:47) memberikan pengertian bahwa ilmu sastra adalah bidang keilmuan yang obyek utamanya karya sastra. Dalam Eksiklopedia Sastra Indonesia, Hasanuddin mengemukakan bahwa ilmu sastra adalah semua pendekatan ilmiah terhadap gejala sastra. Dalam 9 Jawaban Sastra Indonesia, Mahayanan (2003:223) memberikan pengertian bahwa ilmu sastra adalah ilmu yang menyelidiki kesusastraan dengan berbagai masalahnya secara ilmiah. Ilmu sastra adalah ilmu yang mempelajari karya sastra.

Dalam Pemandu di Dunia Sastra, Hartoko dan Rahmanto memberikan pengertian ilmu sastra bahwa ilmu sastra meliputi semua pendekatan ilmiah terhadap gejala sastra. Objek ilmu sastra adalah unsur kesustraan yang menyebabkan sebuah ungkapan bahasa termasuk sastra. Di samping unsur-unsur bahasa (struktur, gaya, fungsi, politik) faktor-faktor historiko pragmatik dan psikososial juga memainkan peranan (misalnya unsur rekaan dalam komunikasi bahasa, perkembangan antara pengertian sastra dan sebagainya).

Sekian uraian tentang Pengertian Ilmu Sastra Menurut Ahli, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Purba, Antilan. 2010. Pengantar Ilmu Sastra. Medan: USU Press.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ilmu Sastra Menurut Ahli"

Post a Comment