Pengertian Analisis Jabatan

Analisis & Evaluasi Jabatan
Pengertian Analisis Jabatan
Analisis Jabatan merupakan studi yang sistematis untuk mengumpulkan semua informasi yang menyangkut suatu jabatan.

Definisi teknis Analisis Jabatan :
Suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk menentukan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab apa saja yang terlibat, hubungannya dengan pekerjaan lain, syarat-syarat yang harus dipenuhi dimana pekerjaan dilakukan, dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja maksimal.

MSDM mengusahakan :
Right Man – Right Place -  Right Time
(place = jabatan)

Job Analysis (Analisis Jabatan)  adalah
suatu kegiatan untuk mencatat, mempelajari, dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur.
Tujuan Analisis Jabatan adalah:
Menciptakan SDM yang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan dalam bekerja, bermartabat, dan berkeadilan di dalam suatu perusahaan.
Termasuk di dalamnya adalah:
- apa yang dilakukan pekerja pada jabatan tersebut
- apa wewenang dan tanggung jawabnya
- mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan
- bagaimana cara melakukannya
- alat/bahan yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya
- besarnya upah dan lamanya jam kerja
- pendidikan, pengalaman, dan pelatihan yang dibutuhkan
- keterampilan, sikap, dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut
- kondisi kerja
- dll.

Analisis Jabatan mencakup 2(dua) elemen, yaitu:
  1.  Job Description (uraian jabatan)
  2.  Job Specification (spesifikasi jabatan) atau Job Requirement  (persyaratan jabatan)
·     Job Description
Adalah suatu catatan yang sistematis tentang tugas dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu, yang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Penting dibuat, terutama untuk:
     Menghindarkan terjadinya perbedaan pengertian,
     Menghindarkan terjadinya pekerjaan rangkap, serta untuk mengetahui batas-batas tanggung jawab dan wewenang masing-masing jabatan

Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam Job Description (uraian jabatan), umumnya meliputi:
     Identifikasi jabatan (nama jabatan, bagian, dan nomor kode jabatan dalam suatu perusahaan)
     Ikhtisar jabatan (penjelasan singkat tentang jabatan tersebut)
Tugas-tugas yang harus dilaksanakan
Pengawasan yang harus dilakukan dan yang harus diterima
Hubungan dengan jabatan lain
Mesin, peralatan, dan bahan-bahan yang digunakan
Kondisi fisik lingkungan kerja
·    Job Specification / Job Requirement
Adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik.

Beberapa hal yang umumnya dimasukkan dalam spesifikasi jabatan adalah:
Persyaratan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja
Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
Persyaratan fisik dan mental
Persyaratan umur dan jenis kelamin

Kegunaan Job Description & Job Specification / Job Requirement, antara lain sebagai dasar untuk :
         Melakukan Evaluasi Jabatan
         Menentukan standar hasil kerja seseorang
         Melakukan rekrutmen, seleksi, dan pelatihan
         Menyusun jalur promosi
         Merencanakan perubahan-perubahan dalam         organisasi dan penyederhanaan kerja
         Mengembangkan program kesehatan dan keselamatan kerja

Pengertian Job Evaluation (Evaluasi Jabatan)
Adalah suatu proses yang sistematis dan teratur dalam menentukan nilai suatu jabatan, relatif terhadap jabatan-jabatan lain yang ada dalam suatu perusahaan.


Hasil dari proses Evaluasi Jabatan ini, terutama digunakan untuk menentukan tingkat upah yang tepat dan adil diantara jabatan-jabatan yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Analisis Jabatan"

Post a Comment