Pengertian dan Penghalang Komunikasi

Komunikasi

Komunikasi dapat diartikan sebagai proses berbagi informasi di antara dua orang atau lebih ataupun kelompok untuk mencapai pengertian bersama. Adapaun hubungan antara manajemen dan komunikasi adalah sebagai berikut.

Penghalang Komunikasi
Apakah pesan-pesan yang dikehendaki para manajer memang mempunyai dampak yang diinginkan terhadap perilaku karyawan. Ada empat jenis penghalang komunikasi organisasi, dimana merupakan jabaran mengenai seberapa efektif proses komunikasi yang ada disebuah organisasi.

Penghalang Proses
Dimana setiap langkah dalam proses komunikasi adalah penting bagi komunikasi yang efektif. Langkah yang terhamabt akan menjadi penghalang komunikasi. Kompleksitas dari proses komunikasi itu sendiri merupakan potensi penghalang komunikasi yang besar.
Gambar Hubungan antara Manajemen dan Komunikasi

Gambar Hubungan antara Manajemen dan Komunikasi
Penghalang Fisik
Merupakan penghalang komunikasi dalam bentuk objek fisik. Seperti pelindung telinga, jarak yang telalu jauh, dan perbedaan zona-zona waktu yang menyulitkan komunikasi pada organisasi global. Penghalang fisik dapat dihindari dengan bantuan ekologis organisasi, misalnya dengan mendesain ulang bangunan dan perkantoran.

Penghalang Semantik
Merupakan penghalang komunikasi melalui penggunaan kata-kata. Kata-kata sangat diperlukan untuk membuat komunikasi menjadi efektif, namun kadang-kadang menyulitkan. Secara sederhana digambarkan sebagai berikut, para manajer dibagian keuangan dan produksi mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan bagian di luar spesialisasinya dikarenakan adaya hambatan penggunaan kata-kata yang bersifat teknis. Reaksi atau perilaku orang lain yang tak terduga menunjukkan adanya penghalang semantik.

Penghalang Psikologis

Penghalang psikologis dan sosial boleh jadi menjadi bertanggung jawab atas terciptanya penghalang komunikasi yang lain. Penghalang ini contohnya adalah mood yang kurang baik saat berkomunikasi, latar belakang yang berbeda, persepsi, nilai, kebutuhan, pengharapan, dan kecenderungan berat sebelah dari orang-orang serta permasalahan yang dihadapi baik secara inidvidu maupun masalah keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Penghalang Komunikasi "

Post a Comment