Definisi Asam Karboksilat

Asam Karboksilat  disebut golongan asam alkanoat. Asam karboksilat merupakan senyawa karbon yang mempunyai gugus karboksil – COOH. Istilah karboksil berasal dari duagugus, yaitu gugus karbonil (-CO-) dan gugus hidroksil (-OH). Asam karboksilat merupakan turunan dari alkana dimana sebuah atom H dari alkana diganti gugus – COOH. Rumus umum asam karboksilat adalah R-COOH atau CnH2nO2. Asam karboksilat adalah suatu senyawa organik yang mengandung gugus karbonil (-COOH ), misalnya : asam formiat, asam asetat, asam propionnat, asam butirat, dan lain-lain.Asam asetat dapat dihasilkan dengan mereaksikan Na-asetat dengan K-hidrosulfat. Suatuester karboksilat adalah suatu senyawa yang mengandung gugus -COOR dengan R yang berupa alkil atau aril. Ester ini dapat di bentuk dengan mereaksikan langsung suatu asam karboksilat dengan suatu alkohol. Reaksi ini di sebut reaksi esterifikasi, yang berkataliskanasam dan bersifat reversibel.

Definisi Asam Karboksilat
Asam organic yang paling penting adalah asam-asam karboksilat. Gugus fungsinya adalah gugus karboksil . Kependekan dari dua bagian yaitu gugus karboksil dan hidroksil.Asam karboksilat juga merupakan senyawa karbon turunan alkana.

PENAMAAN ASAM KARBOKSILAT

Nama  IUPAC Pada system IUPAC nama asam diturunkan dari nama alkana, akhiran a diganti dengan oat di depannya ditambah kata asam, jadi senyawa ini disebut golonganasamalkanoat.

Untuk senyawa yang mempunyai isomer, tata namanya sama seperti pada aldehidkarena gugus fungsinya sama-sama berada pada ujung rantai C. Cara penamannyasebagai berikut :

·         Rantai pokok adalah rantai yang paling panjang yang mengandung gugus fungsi.Nama alkanoat sesuai nama rantai pokok diberi akhiran oat.
·         Penomoran dimulai dari gugus fungsi
·         Penulisan nama dimulai dengan nama cabang atau gugus lain yang diisusunmenurut abjad kemudian nama rantai pokok. Karena gugus fungsi pasti nomorsatu, jadi nomor gugus fungsi tidak perlu disebutkan.  Asam karboksilat yang mempunyai dua gugus fungsi disebutasam alkanadioat .Sedangkan, asam yang mempunyai tiga gugus fungsi disebut asam alkanatrioat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Asam Karboksilat"

Post a Comment