Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah

Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah - Dalam sebuah karya ilmiah baik itu Makalah, Tugas Akhir, Skripsi ataupun yang sejenisnya sering kita menuliskan apa yang menjadi Indentifikasi masalah yang ada dalam karya tulis tersebut. Namun sebelum mengarah kesana, terkadang muncul pertanyaan tentang Apa Pengertian Indentifikasi Masalah yang dimaksud. 

Identifikasi masalah disana sangat dibutuhkan karena ini yang menjadi dasar untuk pengembangan karya ilmiah yang kita buat. Baik, langsung saja kita akan bahas mengenai tentang Identifikasi Masalah yang sering anda buat di karya tulis.

Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah # Identifikasi Masalah

Identifikasi Masalah merupakan suatu tahap permulaan dari penguasaan masalah di mana objek dalam suatu jalinan tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah (Suriasumantri, 2001: 309). Dan menurut Amien Silalahi, (2003: 21), identifikasi masalah artinya usaha mendaftar sebanyak-banyaknya pertanyaan terhadap masalah yang terjadi yang sekiranya dapat dicari jawaban melalui penelitian.

Berdasarkan pembahasan latar belakang permasalahan dapat diidentifikasi beberapa masalah dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:
  1. Bagaimana proses liberalisasi perdagangan dalam organisasi perdagangan dunia (World Trade Organization/WTO)?
  2. Bagaimana pengaruh liberalisasi perdagangan global terhadap kebijakan perdagangan Indonesia?
  3. Sejauhmana kebijakan perdagangan Indonesia mengahadapi liberalisasi perdagangan global?
Itulah sekilas contoh dan pengertian dari Indentifikasi masalah. Berikut ini adalah contoh Pembatasan Masalah yang mana tujuannya untuk membatasi sampai dimana masalah yang akan dibahas dalam sebuah karya ilmiah.

Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah # Pembatasan Masalah

Dalam penelitian ini, dibahas tiga diantara beberapa skema liberalisasi perdagangan global, yaitu dalam kerangka produk peraturan WTO berkenaan perdagangan barang yang memfokuskan pada beberapa variabel yaitu tarif, subsidi dan kuota. Peneliti juga membahas kebijakan perdagangan sebagai variabel terikat, karena Indonesia sebagai negara berkembang yang masih dalam proses penyesuaian kebijakan pedagangan dalam skema WTO sesuai dengan jadwal implementasinya, dan juga Indonesia sangat membutuhkan aturan yang jelas dalam kebijakan perdagangannya terutama di bidang pertanian.

Penelitian ini mengkaji dan memfokuskan perkembangan liberalisasi perdagangan dalam skema WTO, mengingat perkembangan liberalisasi semenjak berdirinya WTO pada 1995 hingga sekarang dirasakan cukup luas, sehingga peneliti perlu membatasi dalam kurun waktu dari tahun 2002 sampai dengan 2006, selain itu perkembangan perundingan WTO terus berlanjut pada rentang tahun 2002-2006 memberi pertimbangan sendiri bagi perkembangan kebijakan perdagangan Indonesia dengan penyesuaian-penyesuian yang telah dilakukan. Sehingga kebijakan perdagangan Indonesia sebagai variabel terikat juga difokuskan dalam kurun waktu tersebut.
 
Demikian ulasan yang dapat kami persembahkan untuk pemerisa tentang Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah, semoga bermanfaat dan dapat dikembangkan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dan Contoh Identifikasi Masalah"

  1. Tanks, sangat bermnfaat informasi diatas :)

    www.kluetandroid.com

    ReplyDelete