Analisis & Evaluasi Jabatan
Pengertian Analisis Jabatan
Analisis Jabatan merupakan studi yang sistematis untuk mengumpulkan semua informasi yang menyangkut suatu jabatan.
Definisi teknis Analisis Jabatan :
Suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk menentukan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab apa saja yang terlibat, hubungannya dengan pekerjaan lain, syarat-syarat yang harus dipenuhi dimana pekerjaan dilakukan, dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja maksimal.
MSDM mengusahakan :
Right Man – Right Place - Right Time
(place = jabatan)
Job Analysis (Analisis Jabatan) adalah
suatu kegiatan untuk mencatat, mempelajari, dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur.
Tujuan Analisis Jabatan adalah:
Menciptakan SDM yang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan dalam bekerja, bermartabat, dan berkeadilan di dalam suatu perusahaan.
Termasuk di dalamnya adalah:
- apa yang dilakukan pekerja pada jabatan tersebut
- apa wewenang dan tanggung jawabnya
- mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan
- bagaimana cara melakukannya
- alat/bahan yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya
- besarnya upah dan lamanya jam kerja
- pendidikan, pengalaman, dan pelatihan yang dibutuhkan
- keterampilan, sikap, dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut
- kondisi kerja
- dll.
Analisis Jabatan mencakup 2(dua) elemen, yaitu:
- Job Description (uraian jabatan)
- Job Specification (spesifikasi jabatan) atau Job Requirement (persyaratan jabatan)
· Job Description
Adalah suatu catatan yang sistematis tentang tugas dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu, yang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Penting dibuat, terutama untuk:
• Menghindarkan terjadinya perbedaan pengertian,
• Menghindarkan terjadinya pekerjaan rangkap, serta untuk mengetahui batas-batas tanggung jawab dan wewenang masing-masing jabatan
Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam Job Description (uraian jabatan), umumnya meliputi:
• Identifikasi jabatan (nama jabatan, bagian, dan nomor kode jabatan dalam suatu perusahaan)
• Ikhtisar jabatan (penjelasan singkat tentang jabatan tersebut)
• Tugas-tugas yang harus dilaksanakan
• Pengawasan yang harus dilakukan dan yang harus diterima
• Hubungan dengan jabatan lain
• Mesin, peralatan, dan bahan-bahan yang digunakan
• Kondisi fisik lingkungan kerja
· Job Specification / Job Requirement
Adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik.
Beberapa hal yang umumnya dimasukkan dalam spesifikasi jabatan adalah:
• Persyaratan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja
• Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
• Persyaratan fisik dan mental
• Persyaratan umur dan jenis kelamin
Kegunaan Job Description & Job Specification / Job Requirement, antara lain sebagai dasar untuk :
• Melakukan Evaluasi Jabatan
• Menentukan standar hasil kerja seseorang
• Melakukan rekrutmen, seleksi, dan pelatihan
• Menyusun jalur promosi
• Merencanakan perubahan-perubahan dalam organisasi dan penyederhanaan kerja
• Mengembangkan program kesehatan dan keselamatan kerja
Pengertian Job Evaluation (Evaluasi Jabatan)
Adalah suatu proses yang sistematis dan teratur dalam menentukan nilai suatu jabatan, relatif terhadap jabatan-jabatan lain yang ada dalam suatu perusahaan.
Hasil dari proses Evaluasi Jabatan ini, terutama digunakan untuk menentukan tingkat upah yang tepat dan adil diantara jabatan-jabatan yang ada.
0 Response to "Pengertian Analisis Jabatan"
Post a Comment