Pemasaran internet adalah proses membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui aktivitas secara online untuk memfasilitasi pertukaran ide-ide, produk dan layanan yang dapat memuaskan tujuan dari kedua belah pihak. Dari pengertian ini terdapat 5 komponen yaitu :
1) Proses
Dalam pemasaran internet, proses terdiri dari 7 tahap (dijelaskan dalam subbab 2.4.3 ) yang saling berkaitan
2) Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan
Tujuan dari pemasaran adalah membangun dan menciptakan hubungan dengan pelanggan yang bersifat permanen. Untuk mencapai hal ini, program pemasaran harus mencapai tahapan dalam membangun hubungan dengan pelanggan yaitu kesadaran, eksplorasi, dan komitmen.
3) Online
Dalam hal ini pemasaran dilakukan dengan menggunakan internet, tetapi suatu program pemasaran yang sukses juga didukung oleh pemasaran secara offline atau tradisional
4) Pertukaran
Inti utama dari pemasaran offline dan online adalah konsep dari pertukaran. Dalam ekonomi perusahaan harus menjadi sangat sensitif, pada pertukaran cross channel.Maka program marketing online harus dievaluasi berdasarkan dampak dari pertukaran secara keseluruhan tidak hanya dampak pada pertukaran online.
5) Kepuasan dua belah pihak
Kedua belah pihak harus merasa saling diuntungkan dalam pertukaran yang terjadi. Bagaimanapun juga perusahaan tidak dapat memenuhi kewajiban keuangan kepada karyawan, pemasok, atau kepada pemegang saham maka pertukaran tersebut tidak seimbang. Pelanggan senang, tetapi perusahaan tidak dapat mendukung model dari pendapatannya. Kedua kelompok harus dipuaskan untuk pertukaran yang berkelanjutan Mohammed, Fisher, Jaworski, Paddison (2003, p4)
0 Response to "Definisi pemasaran Internet"
Post a Comment