Pengertian Interconnection Networking (Internet)

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai sebuah jaringan komputer dalam skala global/ mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter- connected Network) yang terhubung melalui protokol TCP/ IP. (Jack  Febrian, 2004) 


Berikut adalah pengertian dari istilah-istilah yang berhubungan

• Online 
Online adalah keadaan terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk beroperasi, serta dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalu modem. (Jack Febrian, 2004) 

• Offline 
Keadaan di mana sebuah device (komputer) tidak terhubung dengan device lain. (Jack Febrian, 2004) 

• HTTP 

HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internt Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dengan versi HTTP/0.9. Versi terbaru HTTP  adalah HTTP/1.1. 

• Server 
Server merupakan sebuah sistem komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. (Jack Febrian, 2004) 

• XML 
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML, namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. (Tim Berners, Lee, 2010) 

• PHP 

a. Arti PHP 
Menurut dokumen resmi PHP, PHP merupakan singkatan dari PHP (Personal Home Page) Hypertext Preprocessor. Ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam  server dan diproses di server. Hasilnyalah yang dikirimkan ke client, tempat pemakai menggunakan browser. 

Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, bisa menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsipnya PHP mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skrip seperti ASP (Active Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl. Namun perlu diketahui bahwa PHP sebenarnya bisa dipakai secara command line. Artinya, skrip PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun browser. 

b. Skrip PHP 
Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Sebagaimana diketahui, HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman- halaman web. 

c. Konsep Kerja PHP 
Model keja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser. Berdasarkan URL (Uniform Resource Locator) atau dikenal dengan sebutan alamat Internet, browser mendapatkan alamat dari web server, mengidentifikasi halaman  yang dikehendaki, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server. 

Selanjutnya, web server akan mencarikan file yang diminta dan memberikan isinya ke web browser (atau yang biasa disebut browser saja). Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses penerjemahan kode HTML dan  menampilkannya ke layar pemakai. (Abdul Kadir, 2008) 
Gambar Skema HTML

Gambar Skema HTML 

Jika yang diminta adalah sebuah halaman PHP, maka prinsipnya sama dengan kode HTML. Hanya saja, ketika berkas PHP yang diminta didapatkan oleh web server, isinya segera dikirimkan ke mesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikasn hasilnya (berupa kode HTML) ke web server. Selanjutnya, web server menyampaikan ke klien. 
Gambar Skema PHP


Gambar Skema PHP 

d. PHP dan Database 

Salah satu kelebihan dari PHP adalah mampu berkomunikasi dengan berbagai database yang terkenal. Dengan demikian, menampilkan data yang bersifat dinamis, yang diambil dari database, merupakan hal yang mudah untuk diimplementasikan. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa PHP sangat cocok untuk membangun halaman-halaman web dinamis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Interconnection Networking (Internet)"

Post a Comment