Pengertian Hakikat Belajar

Hakikat Belajar - Belajar adalah suatu proses interaksi dengan lingkungan. Kegiatan belajar tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Belajar juga dapat diartikan sebagai peristiwa yang bersidat individual, yakni peristiwa terjadinya perubahan tingkah laku sebagai dampak dari pengalaman individu.

Pengertian belajar menurut Suryabrata (2002:232) adalah Belajar membawa perubahan dalam (arti behavioral changes) aktul maupun potensial”. Dengan demikian seorang pelajar dikatakan sedang belajar apabila pelajar tersebut terlibat secara langsung dan aktif dalam kegiatan pembelajaran”. Sedangkan menurut Slameto (2003:2) “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Menurut Witherington (dalam Hasibuan 2001:1) mengatakanBelajar adalah perubahan yang terjadi didalam diri seseorang, mencakup : perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan dan keterampilan”. Selanjutnya menurut Sadirman (2009:63) “Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam suatu interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan ini relatif konstan dan berbekas”.

Sedangkan menurut Iskandar (2009 :103) menyatakan bahwa “Belajar merupakan proses ditandainya perubahan perilaku karena memperoleh pengalaman”. Menurut Morga (dalam Suprijono 2009:3) “Belajar adalah perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil pengalaman”.

Berdasarkan pendapat diatas maka dapat dijelaskan bahwa belajar adalah perubahan seluruh tingkah laku individu akibat adanya interaksi dengan lingkungannya. Perubahan tersebut meliputi sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan dan keterampilan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hakikat Belajar"

Post a Comment