Pengertian Database MySQL

Database adalah suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain tidak perlu suatu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentu sehingga mudah digunakan atau ditampilkan kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunkannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan, dan modifikasi dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol

MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS). MySQL AB menyebut produknya sebagai database open source terpopuler di dunia. Berdasarkan riset dinyatakan bahwa di platform web, baik untuk kategori open source maupun umum, MySQL adalah database paling banyak dipakai. MySQL adalah salah satu dari sekian banyak sistem database, merupakan terobosan solusi yang tepat dalam aplikasi database. Didukung oleh ribuan atau bahkan jutaan komunitas pengguna internet yang siap membantu.

MySQL adalah RDBMS (Relasional Database Management System) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Publis Lisensi) dimana setiap orang bebas menggunakan MySQL. MySQL sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Struktur Query Langguage), yang merupakan sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Keuntungan menggunakan Database MySQL adalah sebagai berikut :
1.      Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi diantaranya Windows, Linux, Mac X Server, HP-UX dan masih banyak lagi.
2.      Open Source
MySQL didistribusikan secara gratis (Open Source) dibawah lisensi GPL.
3.      Multi User
MySQL  dapat digunakan oleh beberapa User dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalamin masalah atau konflik. Hal ini memungkinkan database server MySQL.
4.      Coloum Types
5.      MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks seperti signed / unsigned, integer, float, double, char, varchar, text, date, blob, time, datetime, year, set dan enum.
6.      Command dan fungtions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah select dan where dalam Query.
7.      Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritis seperti level sub netmask nama, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail dan password.
8.      Scalibility and Limits
MySQL dapat menangani database dalam skala besar, dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta miliar baris.
9.      Struktur Tabel
MySQL mewakili struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani alter table, dibandingkan dengan database lainnya. (Abdul Kadir, 2002, hal : 3)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Database MySQL"

Post a Comment