Promotion Mix
Promosi merupakan salah satu bauran pemasaran yang dapat menentukan perkembangan perusahaan, promosi merupakan suatu usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran (dokter) mengenai keberadaan produk. Konsep yang umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan disebut dengan bauran promosi (promotion mix).
Menurut Kotler (2004 : 205) terdapat lima jenis promosi yang biasa disebut dengan bauran promosi yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (publicity and public relation), serta pemasaran langsung (direct marketing). Kelima jenis promosi yang terdapat dalam bauran promosi tersebut saling berhubungan.
Sedangkan menurut Kotler (2004: 264) Bauran promosi adalah ramuan khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Kotler (2004: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :
1. Advertising
merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2. Sales Promotion
berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
3. Public relation and publicity
berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.
4. Personal Selling
Merupakan interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
5. Direct marketing
Direct marketing atau disebut juga dengan pemasaran secara langsung, merupakan penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
0 Response to "Pengertian Promosi /Promotion Mix"
Post a Comment