Pengertian 3G adalah

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 

Seperti yang dikutip oleh FCC, yang mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses: 

• Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile). 

• Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). 

• Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat. 

Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut: 

1. Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System) 

2. Generasi kedua: digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM  dan CDMA2000 1xRTT 

3. Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO. 

Antara generasi kedua dan generasi ke-3, sering disisipkan Generasi 2,5, yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang  masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) & EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA 

3G adalah istilah yang digunakan untuk teknologi telepon bergerak generasi ke-3, teknologi ini merupakan pengembangan dari generasi ke-2 (2G). 3G merepresentasikan evolusi untuk kapasitas, kecepatan data dan kemampuan layanan baru. Layanan yang terkait dengan 3G adalah layanan perpindahan data baik berupa voice data maupun non-voice data.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian 3G adalah"

Post a Comment