Pengertian Strategi Pemasaran
Menurut McCarthy dan Perreault (1996, p32) strategi pemasaran adalah "gambaran besar" yang memperlihatkan hal-hal yang akan dilakukan perusahaan dalam pasar tertentu. Ada dua bagian yang diperlukan:
1. Pasar target, yaitu sekelompok konsumen yang agak homogen (serupa) yang akan dihimbau perusahaan
2. Bauran pemasaran, yaitu sejumlah variabel yang dapat dikendalikan yang digabungkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan kelompok target.
Perencanaan strategi pemasaran berarti upaya menemukan peluang menarik dan penyusunan strategi pemasaran yang berlaba. Strategi pemasaran merincikan target dan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang berkaitan.
Strategi pemasaran itu terdiri dari campuran unsur-unsur yang disebut bauran pemasaran (marketing mix) atau 4P yaitu Price, Promotion, Place, dan Product
1. Produk (product) : Terdiri dari keragaman produk, kualitas, desain, ciri, merek, kemasan, ukuran, dan lain-lain
2. Harga (price) : Terdiri dari daftar harga, potongan harga, periode pembayaran dan persyaratan kredit
3. Promosi (promotion) : Terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, kehumasan, dan pemasaran langsung
4. Tempat (place) : Terdiri dari saluran pemasaran, cakupan pasar, pengelompokan, persediaan, dan transportasi
0 Response to "Pengertian Strategi Pemasaran"
Post a Comment