Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi

Menurut Hall (2001, p7), sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada para pemakai.

Menurut Stair (2006, p4), “Information systems is a set of interrelated components that collect, manipulate, store and disseminate data and information and provide a feedback mechanism to meet an objective. Dengan demikian sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan dan menyebarkan data dan informasi dan menyediakan mekanisme tanggapan untuk mencapai sasaran.

Menurut Whitten (2004, p12), Information system is a arrangement of people, data, processes, information presentation, and information technology that interact to support and improve day to day operations in a bussinessas well as support the problem solving and decision making needs of management and user”. Dengan demikian, sistem informasi adalah suatu penataandari orang – orang,data, proses, presentasi informasi dan teknologi informasi yang saling berinteraksi dan mendukung peningkatan operasi sehari hari dalam bisnis sekaligus mendukungpemecahan masalah dan kebutuhandalam pengambilan keputusan dari manajemen dan pemakai.

Menurut Laudon dan Laudon (2004, p8), “Information system can be defined technically as a set of interelated components that collect (or retrieve), process, store and distribute information to support decision making, coordination,   and   control   in   a   organization”.   Dengan   demikian,   sistem informasi  adalah  komponen-komponen  yang  saling  berhubungan  dan bekerjasama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, kontrol, analisis dan visualisasi dalam suatu organisasi.

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa, sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi di mana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan dan mencapai sasaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi"

Post a Comment